Home » » Sleman, Wisata Seribu Candi

Sleman, Wisata Seribu Candi




Ingin wisata yang sarat ilmu pengetahuan dan peninggalan budaya di Indonesia? Candi pasti menjadi tujuan utama kita. Namun, jangan terpaku hanya ke candi-candi besar dan yang sudah terkenal saja, sesekali kunjungi candi-candi kecil yang juga cocok sebagai tujuan wisata dan menambah pengetahuan kita. Tidak perlu bingung menentukan kemana harus pergi, ke Sleman aja. Letaknya tidak jauh dari kota Yogya, ada candi yang cukup terkenal di Sleman yaitu Candi Prambanan, namun bukan kesana tujuan utama kita karena masih banyak candi-candi lain di sini, baik yang berukuran besar maupun kecil.
Saking banyaknya candi di Sleman, daerah tersebut mendapat julukan Syiwa Plateu. Ini menandakan Sleman pernah mendi pusat peradaban kuno di Jawa. Hal ini juga didukung dengan lokasi yang strategis dan ideal untuk berbagai macam kegiatan, seperti kegiatan peribadatan, budaya dan ekonomi.
Adapun Candi-candi yang terdapat di Sleman, antara lain :

Candi Banyunibo, candi ini ukurannya kecil. Dari namanya, candi itu merupakan candi yang puitis. Artinya, air yang menetes. Candi Budha yang berada di Desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman itu tingginya 14 meter. Bangunan utama seluas 15 meter x 14 meter lebih. Berada di hamparan tegalan dengan pepohonan hijau. Wisatawan pun bisa menikmati betapa nyaman dan indah lokasi itu. 



Candi Barong Letaknya berada di atas bukit berdekatan dengan Candi Banyunibo. Bahkan, wisatawan bisa mendapat kesan di candi itu bak Indiana Jones. Candi itu merupakan bangunan berundak bersusun tiga. Candi ini perupakan bangunan pra Hindu. Ukuran bangunan pokolk 8 x 9 meter.
Candi Ijo berada di sekitar perbukitan kompleks candi Ratu Boko. Sayangnya, masih sedikit orang tahu keberadaan candi itu. Bahkan, karena letaknya berada di bawah lintasan pesawat terbang dari Bandar Udara Adisutjipto, bangunan itu sangat kelihatan Candi Ijo berada di sekitar perbukitan kompleks candi Ratu Boko. Sayangnya, masih sedikit orang tahu keberadaan candi itu. Bahkan, karena letaknya berada di bawah lintasan pesawat terbang dari Bandar Udara Adisutjipto, bangunan itu sangat kelihatan. Di dalam candi induk itu ada bilik yang terdapat lingg-yoni. Yaitu melambangkan Dewa Shiwa yang menyatu dengan Dewi Parwati.

Candi Sari. Yaitu candi peninggalan zaman Budha itu juga sudah mulai banyak dikunjungi, letaknya di sebelah barat Candi Prambanan. Begitu masuk ke tubuh candi, terdapat tiga bilik berjajar. Tiap bilik berukuran lebar 3 meter dan panang 5,8 meter. Pahatan-pahatan rilief di dining sangat mempesona. Arca-arca banyak dipahat di diinding candi. Antara lain arca Bodhisatwa berjumlah 38 buah. Arca-arca itu rata-rata memegang bunga teratai. Itu menunjukkan sikap yang lemah gemulai.
Candi Kalasan yang berada tidak jauh dari jalan utama Prambanan-Yogyakarta di 0Kilometer 14, menyimpan banyak sejarah. Candi itu adalah tempat peribadatan Budha yang berkaitan dengan Candi Sari. Candi Sari merupakan tempat asrama para biksu Budha. Sedangkan Candi Kalasan adalah tempat ibadahnya. Diperkirakan candi Kalasan dibangun pada 778 Masehi. Candi itu sebagai penghargaan atas perkawinan Parapkarana dari Dinasti Sanjaya dengan Dyah Pramudya dari Dinasti Syailendra
Candi Kimpulan, belum lama ini ditemukan terletak di kompleks kampus Universitas Islam Indonesia (UII). Berada persis di sebelah gedung bangunan kampus. Pihak kampus pun mempertahankan adanya candi itu. Candi itu hanya ada kaki-kakinya saja. Berbeda dengan candi-candi besar, Kimpulan dibuat oleh masyarakat desa di pinggiran kota kerajaan.
Nah, kalian tertarik untuk melihat candi-candi tersebut dari dekat? Langsung saja ke Sleman dan jangan lupa tanyakan kepada tour guide atau warga sekitar candi mana yang letaknya terdekat dan terjauh agar tidak terkesan berputar-putar dan menghabiskan waktu diperjalanan. Oiya, hampir lupa.. untuk tiket masuk bervariasa masing-masing candi, ada yang Rp. 30,000 dan yang termurah Rp. 2,000
Selamat berwisata :)

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Wisata M@niac | Wisata M@niac | Wisata M@niac
Copyright © 2013. Biz4Hobbies - All Rights Reserved
Template Created by Wisata M@niac Published by Wisata M@niac
Proudly powered by Blogger