Home » » Liburan Bersama Bayi Ala Bookpanorama.com

Liburan Bersama Bayi Ala Bookpanorama.com


Liburan membawa bayi atau balita kadang membuat kita khawatir ya? Jangankan beneran liburan, dengernya aja udah bikin males karena terbayang kerepotan dan kesulitannya. Jangan berlebihan gitu deh, santai aja bunda yag penting semua kebutuhan dan perlengkapan si kecil dipersiapkan dengan baik, kalau perlu buat daftar apa saja perlengkapan dan kebutuhan si kecil yang perlu dibawa supaya ngga ada yang terlupa.
Nah, kunci utamanya lakukan packing beberapa hari sebelum keberangkatan bunda agar kalau ada barang tambahan tinggal kita tambah lagi aja ( tapi, ingat bunda sesuaikan dengan koper/ransel yang kita bawa, jangan sampai overload ya :D )
Simak step-step berikut :
1. Buat daftar barang bawaan dan siapkan segera
Penting loh untuk membuat daftar barang bawaan karena biasanya akan ada beberapa barang yang penting tapi justru terlupa jika kita tidak membuat daftarnya. Utamakan keperluan si kecil seperti ;
  • Pakaian ( siapkan dua stel pakaian untuk satu hari + satu buah jumpsuit/piyama untuk tidur)
  • Popok ( sesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari, namun tambahkan untuk berjaga-jaga)
  • Air mineral, susu formula, makanan bayi, biskuit dan buah-buahan
  • Obat-obatan ( penurun panas, batuk, pilek dan vitamin)
  • Tatakan bayi untuk alas jika mengganti popok
  • Selimut, bisa berguna untuk melapisi bayi/menyelimuti bayi dan juga menutupi diri sendiri saat sedang menyusui
  • Toiletries ( Sabun, shampoo,lotion, minyak telon, bedak, kapas bulat, tissu basah dan kering serta cream untuk ruam popok)
  • Kantong plastik ( siapkan berbagai ukuran untuk tempat popok kotor, pakaian dan selimut)
  • Botol susu, dot, gelas minum bayi dan peralatan makan bayi ( disarankan membawa extra botol dan extra dot untuk berjaga-jaga dan simpan dalam plastik zip lock agar tidak tercecer)
  • Mainan kesukaan ( bawa beberapa saja agar tidak membuat koper anda kelebihan berat)
  • Sepatu, topi dan aksesoris/pelengkap penampilan
  • Penutup telinga jika bepergian dengan pesawat terbang
  • Baby Carrier/gendongan
  • Stroller
Masukkan semua perlengkapan bayi kedalam tas popok agar memudahkan kita saat perlu mengambil salah satunya.
2. Perhatikan Fasilitas paket berlibur
Jika bunda menggunakan paket liburan, periksa kembali apakah mereka menyediakan perlengkapan bayi seperti car seat ataupun stroller, jika iya bunda tidak perlu membawa lagi.
Cek juga kondisi penginapan, apakah menyediakan ranjang bayi atau tidak. Saya rekomendasikan website www.bookpanorama.com tersedia banyak hotel yang mengakomodir kamar dengan ranjang bayi baik gratis maupun dengan biaya tambahan.
3, Cek kondisi kesehatan bayi
Sangat penting melakukan pengecekkan terhadap kondisi kesehatan si kecil dimulai dari beberapa hari sebelum keberangkatan. Jika ada yang mengkhawatirkan, segera hubungi dokter pribadi anak agar bisa berkonsultasi apakah perjalanan masih bisa dilakukan.
4. Perlu dilakukan selama di perjalanan
Bayi biasanya akan sedikit lebih rewel jika diperjalanan, jika perjalanan menggunakan pesawat terbang, bayi perlu disusui sebelum take off dan landing untuk menghindari sakit telinga akibat perbedaan tekanan udara di pesawat. Untuk anak balita bisa diberikan permen, makanan ringan dan beri minum yang cukup serta jangan lupa pakaikan penutup telinga ya bunda. Penting untuk tidak terbawa panik karena kecemasan yang dialami bayi kita dan sebisa mungkin ajaklah mereka berjalan-jalan atau berhentilah setiap dua jam sekali jika melakukan perjalanan darat dengan mobil. Pijat lembut bayi menggunakan minyak telon agar bayi merasa rileks dan tenang juga menghindarkan bayi terkena masuk angin.
5, Ciptakan suasana rumah
    Segera setelah tiba ditempat tujuan wisata, setting kamar penginapan seperti suasana di rumah karena bagi bayi dan anak-anak, tempat ternyaman adalah rumah. Tidurkan bayi bersama mainan kesukaan atau ajak bermain seperti kebiasaan di rumah.
    6, Simpan Nomer telepon Dokter Pribadi Anak
      Jangan lupa simpan no telepon dokter pribadi anak anda agar jika diperjalanan kondiei si kecil mengkhawatirkan kita bisa segera menghubungi dokter dan berkonsultasi tindakan apa yang harus dilakukan.
    Demikian bunda hal-hal yang perlu dilakukan agar liburan bersama bayi kita menjadi liburan yang penuh kenyamanan dan momen tidak terlupakan yang bisa kita bagi saat mereka mulai beranjak besar. Selamat Berlibur :)

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Wisata M@niac | Wisata M@niac | Wisata M@niac
Copyright © 2013. Biz4Hobbies - All Rights Reserved
Template Created by Wisata M@niac Published by Wisata M@niac
Proudly powered by Blogger