Home » » Melihat Jejak Ulama Jawa di Bangok

Melihat Jejak Ulama Jawa di Bangok

Temans,,, jumpa lagi di berbagi cerita! Kali ini, gue mau cerita seputar perjalanan unik di Negeri Gajah Putih. Kenapa dibilang unik?? Thailand atau julukannya Negeri Gajah Putih juga banyak yang menyebut “Negeri Sejuta Biksu” karena disini memang salah satu pusat penyebaran agama Buddha yang cukup besar di Asia Tenggara. Ah, itu sih biasa, kalian yang sudah pernah kesana pasti bilang begitu, eits tunggu dulu, pernah denger ada Mesjid peninggalan Ulama Jawa di Thailand ( hehe..mulai penasaran kan?) Ikutin nih kisah selengkapnya.
Seperti biasa tiap kali memutuskan untuk berlibur, gw dan temen2 membeli tiket pesawat jauh-jauh hari biar dapet yang promo :D   Penginapan juga sengaja kita cari yang cocok sama kantong alias ala backpacker gitu deh, untungnya kita udah biasa pake web www.bookpanorama.com karena pilihan hotelnya buanyak dari yang mewah sampe yang ala backpackeran lengkap semua loh. Selesai urusan tiket dan penginapan baru deh bisa tenang mulai perjalanannya. Berangkattttt! :)
 Kuil-kuil indah memang jadi daya tarik tersendiri di Thailand, terutama Bangkok sebagai ibukota negaranya. Tapi, kalian perlu tau juga nih, ada yang ngga kalah membanggakan saat kamu liat patung reclining Buddha di Kuil Wat Pho, yaitu sebuah mesjid berasitektur jawa tepat di kota Bangkok. Masih belum percaya? Beneran loh ada sebuah Masjid yang diberi nama “Jawa Mosque” atau warga sekitar menyebutnya “Surau Jawa” tepatnya di jalan kecil Soi Charoen Rat 1 Yaek 9, kamu bisa masuk dari jalan utama Thanon Charoen Rat jika ingin menuju masjid ini turun saja di stasiun BTS Surasak, cari gang disamping St. Louise hospital dan tanyalah warga letak surao jawa, dijamin mereka akanmegantar kamu sampai tujuan. Daerah ini memang wilayah komunitas melayu dan sebagian besar keturunan Jawa. Masjid ini didirikan di atas tanah wakaf milik Haji Muhammad Saleh, perantauan Jawa pada tahun 2448 dalam tahun Thailand, 107 tahun silam alias sekitar tahun 1906. Masjid bercat hijau dengan atap berundakan limas khas jawa, interiornya pun juga khas Jawa bahkan sampai teralis jendela dan tempat wudhu sangat bercitarasa Indonesia.
mesjid jawa d bangkokmesjid jawa Thailand interior mejid jawa
 Ada dua bangunan utama yaitu masjid dan rumah panggung dengan aneka jejeran kursi dan meja di kolong rumah, sepertinya ini madrasah dengan murid mencapai 100-an orang. Sementara di seberang masjid ada tempat pemakaman Islam. Setiap kali Sholat Jum’at bahkan jemaah yang hadir bisa mencapai 200-an orang. Luar biasa kan?

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Wisata M@niac | Wisata M@niac | Wisata M@niac
Copyright © 2013. Biz4Hobbies - All Rights Reserved
Template Created by Wisata M@niac Published by Wisata M@niac
Proudly powered by Blogger