Home » » Nikmati Pengalaman Unik Wisata di Kota Bawah Tanah Satu-satunya di Dunia

Nikmati Pengalaman Unik Wisata di Kota Bawah Tanah Satu-satunya di Dunia

Pernah mendengar kota bawah tanah? Anda mungkin akan langsung terbayang situasi di film “Queen of the Dessert“. Kota Bawah tanah bukan sekedar legenda, karena kota ini benar-benar ada dan nyata. Namanya kota Coober Pedy terletak di negara bagian South Australia, didirikan pada tahun 1915, berawal dari ditemukannya batu opal untuk pertama kali di daerah pertambangan ini. Kota ini berlokasi di wilayah paling tandus di benua Australia, memilki suhu udara dan cuaca yang extrem, membuat para penambang saat itu memutuskan untuk membangun rumah dengan menggali tanah-tanah di lereng bukit. Hal ini dilakukan agar mereka memiliki tempat peristirahatan yang nyaman dan terhindar dari sengatan matahari yang sangat terik si tempat ini. Dari kebiasaan yang turun temurun ini, akhirnya lokasi penggalian batu opal ini menjadi sebuah kota kecil yang dihuni oleh sekitar 3,500 penduduk.
Saat musim panas, suhu udara di kota ini bisa mencapai lebih dari 40 derajat Celcius. Bila mendirikan rumah di atas tanah, AC menjadi barang yang wajib ada. Berbeda dengan rumah-rumah bawah tanah yang ada di Coober Pedy. Suhu kota bawah tanah ini tetap stabil, sekitar 24 derajat Celcius dan kelembaban tidak lebih dari 20 persen. Begitupun saat musim dingin, udara di kota ini tidak terlalu dingin. Saat ini Coober Pedy menjadi salah satu destinasi unik pariwisata di negara bagian south Australia, wisatawan yang datang memang menginginkan pengalaman unik tinggal di kota bawah tanah satu-satunya di dunia.
Kota bawah tanah ini, mulai dikenal dunia pada tahun 1980. Mencium adanya potensi wisata, pada tahun 1981 penduduk lokal bernama Umberto Coro untuk pertama kalinya membuat hotel di kota tersebut. Saat ini banyak wisatawan asing yang berlibur ke Coober Pedy. Kota ini berjarak 850 km sebelah utara Adelaide, memiliki berbagai fasilitas layaknya kota di atas permukaan tanah.
Wisatawan yang berlibur ke kota unik ini, bisa tinggal di Desert Cave Hotel. Lebih serunya lagi, tak hanya menginap di hotel, wisatawan juga bisa merasakan bermalam di penginapan lain dan rumah-rumah pribadi yang ada di bawah tanah. Kamar dingin, gelap, luas, dan berada di bawah tanah menjadi daya tarik tersendiri untuk wisatawan. Selain Desert Cave hotel, masih ada beberapa penginapan lain di kota ini, seperti Comfort Inn Coober Pedy Experience, Opal Inn Hotel & Motel Caravan Park dan Radeka Downunder Underground Motel. Jika anda berminat menikmati keunikan tinggal di kota bawah tanah, tak perlu bingung mencari penginapan karena di www.bookpanorama.com anda bisa mendapatkan penginapan yang berlokasi di kota bawah tanah Coober Pedy.
bookpanorama
coober pedy coober pedy 3 coober pedy 4 coober pedy 5

0 comments:

Post a Comment

 
Support : Wisata M@niac | Wisata M@niac | Wisata M@niac
Copyright © 2013. Biz4Hobbies - All Rights Reserved
Template Created by Wisata M@niac Published by Wisata M@niac
Proudly powered by Blogger